Jumat, 31 Mei 2013

ya namanya juga hidup

gue pernah bilang, rupa otak tiap orang itu mungkin sama tapi isinya beda. kayak jam, beda beda aturan waktunya tergantung si pemiliknya dan entah mana yang bisa dipercaya ujungnya ya balik lagi ke si empunya. begitu juga pandangan tentang hidup, ada yang nganggepnya simple, ada yang ngadepinnya serius, ada yang nyikapinnya sebodo amat. macem macem. tergantung pengalaman hidup, mindset nya tentang hidup, cara berpikir mereka saat hidup dan masih banyak lagi.

setelah kemaren ngobrol absurd tentang hidup sama seseorang entah kenapa gue jadi pengen bahas hidup. kenapa gue bilang ngobrol absurd ? ya karena emang itu obrolan paling absurd buat gue, jarang jarang gue ngobrol panjang tentang kehidupan apalagi ini sama orang yang baru gue kenal Z. haha

gue jadi penasaran aja sama pandangan orang orang soal hidup, alesannya apa sih ada orang yang mandang simple soal hidup ? ada yang nanggepinnya ribet ? ada yang acuh ? ada yang macem macem deh pokonya. ya hidup bukan cuma sebatas lu bangun tidur, mandi, makan, sekolah atau kerja, main, pulang kerumah, makan lagi terus tidur. hidup jauh lebih kompleks dari apa yang kita pikirkan,  lebih rumit jika dijabarkan dan tentunya menantang saat dijalankan. tiga aja deh yang gue bahas, selebihnya yang banyak silahkan dinilai dari kacamata masing masing saja :).

hidup itu simple
dari yang paling gampang dulu deh, menurut gue mereka mereka yang nganggep simple soal hidup mungkin orang orang yang belum tau tujuan hidup mereka, belum tau untuk apa mereka hidup, apa yang sebenarnya mereka inginkan saat hidup, dan tentunya inti dari kehidupan itu sendiri. mereka cenderung berpikir "yaudah sih jalanin aja, liat aja nantinya gimana" dan kalo pun mereka 'jatuh' mereka akan kembali bangkit dengan mudah dan kembali berkata "yaudah sih jalanin dulu aja :)". mereka lebih santai melewati hidup walau terkadang suka merasa bosan tapi itu gak lama karena mereka pasti lebih memilih bersenang senang untuk menutup rasa kebosanan itu. selain itu mereka juga cenderung hanya memikirkan hari ini saja tanpa ada planning khusus untuk besok atau ke depannya. yang penting hari ini senang hari ini kenyang hari ini tenang gak peduli besok bakal gimana, yaudah sih jalanin aja gak ya :)

hidup itu serius
ini nih yang agak ribet jelasinnya, masih belum paham aja sama yg mandang hidup dengan serius. apalagi tipikal orang yang ambisius dan obsesian, sepertinya rencana kehidupan mereka tuh sudah tertanam dan terprogram secara khusus didalam otaknya jadi ya gitu mereka ngejalanin hari hari dengan sangat serius. kerja sampe lupa waktu, belajar sampe lupa makan, ngejalanin hobi sampe lupa kewajiban, dll. mereka cenderung terfokus ke satu hal, dan dengan mati matian mereka berusaha mendapatkan menjaga dan mencintai terus cita cita mereka itu. sekalinya jatuh bakal agak sulit bangunnya, itu tadi mereka terlalu serius mendramatisir kegagalan mereka dan akhirnya makin tenggelam meratapi kegagalannya. kasian, tapi emang ada kok yang kayak gitu.

hidup ? sebodo amat lah !
kalimat ini 'biasanya' tertanam di pikiran pikiran orang yang sering gagal, yang sudah lelah mencoba, yang sudah pasrah tanpa usaha. mereka cenderung cuek dan gak peduli orang bilang apa, orang mandang mereka seperti apa, yang penting "ini hidup gue, suka suka gue". mereka yang sering dipandang sebelah mata, mereka yang sering diremehkan hingga akhirnya mereka berpikiran gak ada tujuannya hidup lebih lama. hidup di lingkungan yang keras bikin hati mereka makin lebih keras, gak peduli sekitar mereka. kalo masih dikasih kesempatan hidup ya syukur dan makasih kalo udah ditakdirkan mati esok yasudah mudah mudahan masih ada yang peduli. serem, tapi ini banyak terjadi.

itu menurut gue, entah menurut kalian seperti apa. ya mau seperti apapun cara pandang kalian tentang hidup, hidup ya hidup. bergerak, bertindak, berusaha, berdoa, berencana, bercita-cita, bersama-sama menuju yang baik yang apik yang seimbang dan serasi. hidup yang tergantung diri sendiri, seperti yang gue tweet tadi siang, seberapa pun bagusnya kalimat motivasi gak akan ngasih efek yang luar biasa tanpa ada kemauan dari diri kita sendiri. kuncinya ya kemauan, keinginan untuk maju dalam hidup. gak cuma stuck di satu titik atau makin down menjauh dari apa yang kita mau. kalo ada anggapan lain tentang hidup,monggo di share :) karena kalo kata bang alitt, berbagi tak pernah rugi :))
Gnite Z :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar